ads

Rabu, 28 September 2016

24.Inilah Yang Perlu dan yang Tidak Perlu Dilakukan untuk Meningkatkan CPC Adsense

oleh Gee Jhon
Mendapatkan iklan yang bernilai tinggi adalah harapan setiap publisher Adsense, karena jelas akan sangat berpengaruh terhadap hasil yang didapatkan.
Dalam seri artikel Tips Sukses Adsense, saya telah memberikan tips mendapatkan iklan bernilai tinggi. Namun kali ini saya ingin memberikan lagi tips tambahan untuk memperbesar peluang kita mendapatkan iklan dengan nilai CPC yang tinggi.
Dalam tulisan ini saya membagi dua tips, yaitu hal yang ‘perlu Anda lakukan’ dan‘hal yang tidak perlu Anda lakukan’. Inilah tipsnya:

Perlu Anda lakukan

Atur semua unit iklan menampilkan teks dan gambar(rich media)

Dengan cara demikian, akan menambah jumlah pengiklan yang ikut bersaing dalam lelang dan akhirnya hanya iklan yang bernilai paling tinggi yang akan muncul.

Jangan terlalu banyak memblokir iklan

Anda memang bisa membuat daftar sampai sebanyak 500 iklan yang diblokir. Namun, saran saya semakin sedikit iklan yang diblokir akan semakin bagus, alasannya sama dengan poin pertama di atas.
Jadi, gunakan fasilitas blokir iklan ini hanya untuk iklan-iklan tertentu yang benar-benar sangat tidak Anda inginkan. Jika tidak, Anda akan kehilangan banyak peluang pendapatan dari iklan bernilai tinggi yang Anda blokir.Lagipula Google Adsense menggunakan sistem penargetan kontekstual, berdasarkan lokasi, berdasarkan kebiasaan pengguna dan sebagainya, sehingga iklan yang Anda lihat, belum tentu sama dengan yang dilihat oleh pengunjung.

Buatlah saluran khusus dengan penargetan penempatan

Ini akan semakin meningkatkan persaingan dalam lelang antar pengiklan untuk menampilkan iklan di blog Anda. Caranya silakan Anda lihat disini.

Atur unit iklan Anda yang memiliki CTR tertinggi menjadi unit iklan yang pertama

Adsense akan menampilkan unit iklan yang tertinggi nilainya berurutan mulai dari iklan pertama, kedua dan seterusnya segera setelah mendapatkan pemenang lelang. Jadi sangat penting untuk memastikan bahwa unit dengan CTR tertinggi di blog kita adalah unit iklan yang tertinggi CPC-nya.
Lebih jauh mengenai menentukan unit iklan ‘pertama’ bisa Anda lihat disini. Sedangkan bagaimana cara menentukan unit iklan pertama, bisa Anda temukandisini. Namun, sebelumnya Anda harus sudah mengetahui mana unit iklan mana yang memberikan CTR tertinggi melalui saluran khusus.

Tidak Perlu Anda lakukan

Memaksakan untuk menuliskeyword bernilai CPC tinggi

Saya masih banyak melihat para blogger pemula yang ingin menjalankan Adsense, memaksakan diri untuk menulis keyword yang ‘berharga mahal’ padahal sama sekali tidak menguasai topik tersebut.Menurut saya ini bukannya menambah penghasilan, tapi justru sebaliknya akan menghancurkan penghasilan.
Kenapa? Karena ini berkaitan dengan kelangsungan dan konsistensi blog Anda.Jika ingin mendapatkan hasil maksimal mendapatkan uang dari blog, lakukan saja hal yang Anda sukai.

Membuat akun Adsense baru

Sebagian percaya bahwa dengan memiliki lebih dari satu akun Adsense akan dapat menambah pendapatannya. Menurut saya tidak.
Memiliki lebih dari satu akun Adsense tidak diperbolehkan oleh Adsense. Dan memasang kode Adsense dari akun berbeda pada blog yang sama, sama sekali tidak berpengaruh terhadap peningkatan nilai CPC.

Jangan sekali-sekali memanipulasi perilaku iklan

Termasuk di dalamnya penargetan, cara penampilan, desain dan sebagainya dengan cara apapun yang tidak secara eksplisit diperbolehkan oleh Adsense.
Itulah beberapa hal yang perlu dan tidak perlu Anda lakukan untuk meningkatkan nilai CPC Adsense. Jika ada yang kurang jelas atau ingin memberi masukan dan pengalaman Anda, silakan Anda tulis melalui kolom komentar. Semoga bermanfaat.
Salam.
TANYA JAWAB :

Taufik
7 Februari 2016 pukul 14:44
terima kasih informasinya, sangat menarik.
saya udah pasang di sini http://www.taufik.co.id tapi sudah mau 2 minggu masih layar putih alias masa review, apa ada yang salah ya mas? berapa lama ya kira-kira menunggu?
kalau kita pasang iklan dari yang lain apa nnt bakalan di tolak ya GAnya? mohon pencerahannya mas.. tks
Balas
Gee Jhon
7 Februari 2016 pukul 17:09
Ya.. Tggu saja bos sampe 1 bln. Smoga akhirnya diterima
Balas
tata
7 Februari 2016 pukul 12:37
Artikel yang mencerahkan sekali mas.
Sekalian mas saya mau curhat keluh kesah saya bermain youtube adsense mas, jadi ceritanya begini saya mendaftar adsense yotube dari email (misal) tata01@gmail.com jadi login adsense saya dari akun tata01@gmail.com, terus bodohnya saya, saya sempat mengembangkan satu channel komedi123(misal lagi) dan beberapa channel lain, yang di create di akun tersebut.
Beberapa bulan selanjutnya Pay Out pertama dan lalu Pay Out kedua, dan bulan ketiga di suspend channel komedi123 tadi dan beberapa channel lain. karena terlalu banyak yang ke suspend channel di akun tata01@gmail.com tadi sehingga akuntata01@gmail.com di suspend dari layanan youtube. Yang masih bisa disyukuri akun Adsense masih ok.
Fikiran saya bakal ok2 saja, karena saya tinggal bikin channel di akun yotuube yang baru dan tinggal saya kaitkan samatata01@gmail.com(yagn walaupun akun youtube dissupend tapi adsense masih jalan).
nah masalahnya muncul, setiap mau asosiasi ke akuntata01@gmail.com ga bisa mas… katanya unable to use google product…
Bagaimana ya mas.. mohon pencerahannya… saya serius nunggu solusi.
Balas
Gee Jhon
7 Februari 2016 pukul 21:19
ya itu karena terlalu sering disuspend, sehingga akun (gmail) masuk ke blacklist youtube. sehingga.. ya jadi susah tuk buat saluran baru. Biasanya suspend ini akan berakhir dlm jangka waktu tertentu, biasanya 6 – 12 bila pelanggaran hanya di tingkat saluran. Namun bila pelanggaran di tingkat akun (seperti disuspend berkali-kali), maka kemungkinan besar tidak akan bisa ikut serta dalam program mitra youtube.
Balas
peh
30 Juli 2016 pukul 18:44
Mas kalau kasus saya sama dengan tata. Jadi sekarang saya tidak punya 1pun channel dan sudah menutup akun adsense dengan sengaja. Pertanyaan saya :
1. Apakah saya bisa membuat channel baru menggunakan email yang baru?
2. Dan channel baru tersebut dikaitkan pada adsense yang baru?
Gee Jhon
1 Agustus 2016 pukul 02:58
1&2: ya bisa bos.
Dirham
3 Februari 2016 pukul 16:27
Sore, Mas Gee Jhon. Maaf, mau tanya: “Jika memiliki dua akun adsense yang berbeda, misalnya untuk Google Adsense Youtube, alamat gmailnya hanscrop@gmail.com dan untuk Blog, alamat gmailnya dirham@gmail.com, maka bisakan pencairan mengarah ke alamat pembayaran yang sama?
Terima kasih.
Balas
Gee Jhon
3 Februari 2016 pukul 18:17
satu orang hanya boleh memiliki 1 akun adsense. JIka sistem Google mendeteksi (dan mereka pasti bisa mendeteksi dari berbagai faktor), maka kedua akun bisa ditangguhkan semuanya. Jadi sebaiknya ckp memiliki satu akun saja dg satu nama pembayaran.
Balas
Dirham
3 Februari 2016 pukul 18:47
Mengerikan juga, kalau kedua akun tersebut ditangguhkan.
Wah, terima kasih sudah diterangkan.
Imam Syafi'i
2 Februari 2016 pukul 11:40
Mas, cara menggabungkan blog satu dengan blog yang lain di iklan adsense gimana ya? Mohon bantuannya.
Balas
Gee Jhon
2 Februari 2016 pukul 17:35
sebenarnya tidak ada istilah digabung2kan bos. Sekali punya akun adsense, tinggal buat unit iklan baru, lalu pasang dimana saja.
Balas
ismail
11 Juli 2016 pukul 20:49
mas kalau akun yang 1 udah diterima adsense trus mau letakkan iklan di blog baru apa gak masalah?
Gee Jhon
12 Juli 2016 pukul 20:35
ya gak masalah bos.
huda annuur
1 Februari 2016 pukul 20:19
gan mw nanya ni, ane kan tidak sengaja clik iklan sendiri, nah habis tu dapat email dari adsense, monetisasinya di tangguhkan selama 30 hari, nah apakah selama masa di tangguhkan itu masih di perbolehkan uploud video atau tidak,.. satu lagi gan cara mengaitkan akun adsense ke bloger itu gmna ya, soalnya saya daftarnya lewat youtube. mohon di jawab ya mastah..trimakasih
Balas
Gee Jhon
1 Februari 2016 pukul 20:23
ya. ttp boleh upload video baru bos, bahkan itu dianjurkan. Tentang mengaitkan ke blogger, silakan baca artikel: cara daftar Adsense.
Balas
aksal
1 Februari 2016 pukul 00:16
oke makasih infox
1 lagi gan yang mau saya tanyakan
video saya di youtube sudah ada 100.000x lebih tayang
tapi kok pendapatanx sangan dikit ya? hanya sekitar $8
saya cek iklan di video saya sampai saat ini juga masi ada iklan di video saya
setau saya 1000x tayang di bayar $1.
kalau ada yang klik iklan di video kita bisa di bayar di atas $1 per 1000x tayang (tergantung brapa banyak yang klik iklan).
jadi kalau ngk ada yang klik iklan di video kita hanya di banyar $1 1000x tayang
mohon penjelasanx master kalau saya salah.
Balas
Gee Jhon
1 Februari 2016 pukul 12:05
Dpt informasi dr mana dpt $1/1000 tayang? Tu tdk bnr. Anda dibayar hanya bila ada yg mengklik iklan atau menonton iklan sampai durasi tertentu. Dan bila kebanyakan viewernya mayoritas dr indonesia, memang cpcnya relatif kecil
Balas
aksal
2 Februari 2016 pukul 15:26
dapat info dari bayu skak master hehehehe
oke makasih atas infox master.
aksal
31 Januari 2016 pukul 15:28
kalau tingkat konten dan tinggkat akun itu pelanggaranx seperti apa gan?
takutnya saya melakukan pelanggaran tingkat akun tampa saya sadari
mohon penjelasanx gan
makasih sebelumx
Balas
Gee Jhon
31 Januari 2016 pukul 19:20
Tingkat konten, ya artinya pelanggarannya di tingkat konten. Spt konten copas, gambar seronok, letak iklan yg salah, dsb.
Sdangkan pelanggaran tgkat akun, spt jual beli adsense, klik dg sengaja, kepemilikan lebh dr 1 akun, dsb.
Lebih rincinya, silakan baca kebijakan adsense adsense di hal bantuan resmi
Balas
Sandy
31 Januari 2016 pukul 13:53
Lah kenapa ya blog ane gak kelihatan iklannya tapi di dasbor > tata letak ada toh iklannya adsen dan bisa di otak atik…tp maslah nya ketka ke halaman blog ko tidak ada ya.
ada masukan kira2 …
thanks
Balas
Gee Jhon
31 Januari 2016 pukul 19:46
Memangnya sdh ada email persetujuan blm dr adsense?
Balas
joa
28 Januari 2016 pukul 23:55
Gan, ane mau tanya nih. Setelah sekian lama, hampir 7bulan menunggu akhirnya tombol daftar ke adsense muncul dan dapat di click. Tapi ane udah daftarin adsense melalui youtube, jika mau daftar dari blog apakah akun adsense youtubenya harus di hapus dulu atau bagaimana ya ? Tolong di jawab ya gan.
Balas
Gee Jhon
29 Januari 2016 pukul 00:14
Tidak harus bos. Yang perlu dilakukan hanya mengajukan blognya untuk direview. Itu bisa dilakukan melalui menu penghasilan di dasbor Blogger.
Balas
aksal
28 Januari 2016 pukul 02:46
bos mau nanya nih masi baru soalx
misalkan saya punx 3 channel di youtube tapi hanya pake 1 adsense
pertanyaanx
jika salah 1 channel youtube saya kena banned,
apa dampakx pada akun adsense saya?
mohon di jawan bos
makasih
Balas
Gee Jhon
28 Januari 2016 pukul 12:03
Pelanggaran adsense itu ada 2 macam, yaitubpd tingkat konten/youtube/blog dan tingkat akun.
Bila pelanggarannya ditingkat konten maka akun ttp aman. Bila pelanggarannya di tingkat akun, maka seluruh channel tdk bisa dimonetis lagi krn akun adsensenya yg bermasalah.
Balas
furniture dan mebel
22 Januari 2016 pukul 02:33
Wah keren nih bos john.. Diskusinya panjang banget. Jdi ikut tahu dech.
Mampirjuga diblog ane gan..
Salsm tengyu.
Balas
Gee Jhon
22 Januari 2016 pukul 09:18
Ok deh, selamat menyimak, hehe
Balas
rendy
26 Januari 2016 pukul 16:05
Mas mau nanya apa kl kita share artikel adsense ke media sosial bisa kena hack
Gee Jhon
26 Januari 2016 pukul 16:46
Tdk masalah bos
bentoajja
25 Maret 2016 pukul 03:39
Bos sya sudah tempel kode iklannya tp blm juga muncul iklannya gmana ya
Gee Jhon
25 Maret 2016 pukul 07:19
Belum disetujui mungkin
Heri Fausantosa
13 Januari 2016 pukul 21:22
ada cara jitu tidak mas, merubah akun adsense hosted jadi non hosted
Balas
Gee Jhon
14 Januari 2016 pukul 00:24
Wah, entahlah bos. Tp yg jelasnya caranya adl dg mengajukan blognya tuk direview. Sy tdk tahu ada cara lainnya
Balas
Asmara Dewo
13 Januari 2016 pukul 04:36
Mas, saya mau tanya, nih. Saya kan tambah website untuk dipasangin iklan ke Adsense. Udah sekitar 4 hari nggak ada responnya. Tapi iklan di website saya yang baru itu tampil, hanya saja tidak ada hitungannya.
Nah, di akun saya ada centang merah gitu, katanya:
Kami baru saja terintegrasi fitur Situs Otorisasi dengan Manajemen Site . Harap tinjau pengaturan Anda untuk memastikan mereka sudah benar.
Jadi memang harus menunggu dari adsensenya, ya, Mas untuk meninjau situs saya yang baru.
Balas
Gee Jhon
13 Januari 2016 pukul 12:40
Masukkan web baru ke situs yg dimiliki di halaman otorisasi situs
Balas
djati
10 Januari 2016 pukul 23:58
Gan aq mau nanya sekaligus minta tutorialnya,,,aq sudah punya akun adsense hasil daftar di youtube dan sudah bisa me monetisazi video-video saya, terus bagaimana cara saya mengaitkan blog saya (blogspot) soalnya saya juga ingin mendapat penghasilan dari blog
matur suwun Gan,,
Balas
Gee Jhon
11 Januari 2016 pukul 10:50
Jika blognya menggunakan blogspot, dftarkan melalui menu penghasilan di dasbor blogger. Jika pake TLD, tambahkan blognya melalui otorisasi situs di pengaturan adsense. Cari saja artikel di sini judulnya: cara mendaftar google adsense.
Balas
ayang saja
8 Januari 2016 pukul 23:28
mas klo youtube kita sudah terdaftar di adsense bagaimana blog nya soalnya 1 email ? tolong kasih info nya
Balas
Gee Jhon
8 Januari 2016 pukul 23:40
Sy krg paham dg pertanyaannya bos. Tp yg jelas 1 akun adsense, bs tuk youtube dan blog. Gada msalah.
Balas
kholis
2 Januari 2016 pukul 16:00
Mas Gee yang saya hormati, jujur saja saya sangat mengharapkan untuk dapat diterima GA, tapi setiap kali daftar selalu gagal, padahal saya sudah mengikuti petunjuk dan selalu berusaha memperbaiki setiap kesalahan sesuai email dari GA. saya bingung, dimana lagi letak kesalahannya.
Oleh karena itu saya sempat terfikir untuk membuat email baru dan blog baru, nah kalau umpamanya blog baru tersebut diterima, maka akan saya pasang di blog yg sekarang, apakah itu melanggar kebijakan GA mas?
Maaf juga mungkin pertanyaan yg sama sudah disampaikan oleh teman2 bloger…
Balas
Gee Jhon
3 Januari 2016 pukul 08:03
Tdk bos. Jika sdh diterima, bs dipasang dmn saja.
Balas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

ADESENSE 4